Jumat, 22 Januari 2016

laporan keuangan dan indikator kinerja perusahaan

Laporan keuangan adalah informasi yang merangkum seluruh kegiatan perusahaan. Sugiono dan Untung (2008) mengatakan laporan keuangan perusahaan berguna untuk memberikan gambaran mengenai ikhtisar kebijakan akuntansi dalam setiap periode perusahaan. Laporan keuangan pada perusahaan merupakan hasil akhir dari kegiatan akuntansi yang mencerminkan kondisi keuangan. Informasi tentang kondisi keuangan dan hasil operasi perusahaan sangat berguna bagi berbagai pihak. Oleh karena itu, laporan keuangan dapat dipakai sebagai alat untuk berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data keuangan perusahaan.
Manajemen perusahaan memiliki tanggung jawab dalam penyajian laporan keuangan perusahaan. Memilih dan menerapkan kebijakan akuntansi adalah tanggung jawab manajemen perusahaan. Manajemen perusahaan menetapkan kebijakan akuntansi yang memberikan informasi bagi pengguna laporan keuangan. Manajemen perusahaan menggunakan auditor independen untuk melakukan pemeriksaan laporan keuangan perusahaan. Hal tersebut dapat memudahkan indikator kinerja organisasi perusahaan dalam menentukan arah ke depan.
Menurut Bastian (2005) mengatakan indikator kinerja organisasi adalah ukuran kuantitatif dan kualitatif yang menggambarkan tingkat pencapaian sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan dengan memperhitungkan elemen-elemen indikator. Indikator yang umumnya digunakan sebagai ukuran sejauh mana kinerja organisasi berorientasi keuntungan, yaitu efisiensi, efektivitas, ekonomis. Penilaian terhadap kinerja organisasi merupakan kegiatan membandingkan antara hasil yang diperoleh dengan direncanakan. Kinerja organisasi berhubungan dengan berbagai aktivitas dalam nilai yang ada pada organisasi.Berbagai faktor yang mempengaruhi kinerja organisasi memberikan informasi mengenai prestasi pelaksanaan dari unit-unit organisasi.
Organisasi memerlukan penyesuaian atas seluruh aktivitas sesuai dengan tujuan organisasi. Evaluasi atas berbagai aktivitas dengan menggunakan pandangan dan orientasi pada kebutuhan pelanggan. Kepuasan pelanggan mempengaruhi berbagai aspek kinerja aktivitas. Kinerja organisasi harus diketahui oleh seluruh anggota organisasi sebagai umpan balik untuk mengenali masalah yang dihadapi organisasi. Hasil kinerja organisasi berpengaruh penting terhadap perusahaan.

Daftar Pustaka:
Sugiono, Arief dan Edy Untung. 2008. Paduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo
Buffet, Warren. 2010. Panduan Praktis Memahami Laporan Keuangan. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
Bastian, Indra. 2005. Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Erlangga

Tangkilisan, Hessel Nogi S . 2007. Manajemen Publik. Jakarta: PT. Grasindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar