Pasar merupakan tempat bertransaksi antara penjual dan
pembeli. Di pasar penjual dan pembeli saling bertemu dan menentukan harga. Kegiatan
mengelola pasar di sebut pemasaran,yang bertujuan untuk memenuhi dan memuaskan
kebutuhan manusia (1). Pemasaran juga
dapat diartikan pelaksanaan kegiatan usaha niaga berupa arus barang dan jasa
dari produsen pada konsumen. Maka dapat dikatakan,pemasaran merupakan proses
mengaktualisasikan potensi pertukaran dengan tujuan memenuhi keinginan manusia (2).
Menejemen pemasaran merupakan aktivitas pemasaran yang
bertujuan mencapai target sasaran perusahaan. Dalam lembaga perusahaan,pemasaran
di lakukan dengan tujuan mengantisipasi kebutuhan klien. Tujuan pemasaran oleh
perusahaan adalah untuk mengidentifikasikan dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Sasaran pemasaran dalam perusahaan bisnis ialah,untuk memperoleh
keuntungan/laba. Tentunya tujuan pemasaran bukan hanya memasarkan dan
mengiklankan tetapi juga bertujuan untuk
memenuhi kebutuhan pelanggan.(3)
Menejemen pemasaran adalah proses analisis dan perencanaan
untuk memperoleh keuntungan bagi perusahaan. Di dalam perusahaan menejemen
pemasaran merupakan kegiatan pokok untuk mencapai tujuan organisasi. Menejemen
pemasaran merupakan konsep menejerial untuk mencapai tujuan bagi organisasi perusahaan
bisnis. Dalam perusahaan bisnis menejemen pemasaran menjadi sesuatu yang
penting untuk menguasai pasar. Karenanya di dalam menejemen pemasaran tersebut
di gunakanla strategi yang berguna bagi perusahaan.(4)
DAFTAR PUSTAKA
1.
Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan
pasar dengan pemasaran efektif dan profitable. https://books.google.co.id/books?id=C75GWtZTd2wC&pg=PA10&dq=pasar+dan+manajemen+pemasaran&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false . DIUNDUH 11/22/2015
2. Sugiarto. 2000. Pengantar bisnis. https://books.google.co.id/books?id=EVfWJ7nbd-kC&pg=PA120&dq=pengertian+pasar&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false . DIUNDUH 11/22/1015
3. Mccharthy. 2008. Pemasaran dasar. https://books.google.co.id/books?id=DRsfHVWMaNUC&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false .DIUNDUH 11/22/2015
4. Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi promosi yang kreatif. https://books.google.co.id/books?id=9CYQSHfgg7kC&pg=PA273&dq=pengertian+manajemen+pemasaran&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false .DIUNDUH 11/22/2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar